DINAS KEBUDAYAAN,PARIWISATA,PEMUDA,DAN OLAHRAGA KABUPATEN TANGGAMUS

DINAS PARIWISATA KABUPATEN TANGGAMUS

Danau Hijau Tanggamus, Destinasi Wisata Alam Yang Masih Tersembunyi

Danau Hijau Ulubelu Tanggamus Lampung merupakan danau yang terbentuk oleh proses alam. Tidak diketahui secara pasti kapan danau ini mulai terbentuk, kini danau ini menjadi salah satu lokasi buruan para traveler.

Warna danau yang khas membuat danau ini sangat istimewa dan tidak ditemui di lokasi lain. Warna danau juga nampak sangat fotogenik jika digunakan objek foto, hal inilah yang menjadi daya tarik utama danau yang jauh dari keramaian ini.

Meskipun aksesnya cukup sulit dan jaraknya jauh dari kota namun panorama yang disajikan danau ini akan membayar segala kekurangan tersebut.

 

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Danau Hijau.

Danau ini terletak di Desa Muara Dua Ulubelu, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus. Sebagian juga ada yang menyebut danau ini berada di perbatasan antara Desa Mauara Dua dan Desa Pagar Alam. Letaknya cukup jauh dari Ibu kota Tanggamus Kota Agung.

Jika anda dari Kota Bandar Lampung, rute untuk menuju Danau Hijau Ulubelu ini yakni menuju arah Kota Agung Tanggamus via Jalan Lintas Barat Sumatera.

Sebelum sampai di Kota Agung, anda berhenti di Talang Padang. Kemudian ketika anda sampai di Talang Padang, lajutkan perjalanan ke arah Bendungan PLTA Batutegi (masuk ke arah Bendungan Batutegi). Ada petunjuk di jalan lintas yang mengarahkan ke PLTA tersebut.

Setelah masuk ke arah jalan tersebut, sebelum sampai ke Bendungan, ambil arah ke Ulubelu, di pertigaan ada plang jalan yang menunjukan ke arah Ulubelu.

Selanjutnya ikuti jalan utama sekitar 1 jam perjalanan. Kemdian anda akan sampai di Danau Hijau. Danau ini nampak dari jalanan karena lokasinya tak jauh dari jalan. Dari jalan ini, jika anda melanjutkan perjalanan maka akan bertemu salah satu spot wisata yang juga tak kalah apiknya yakni Air Terjun Lembah Pelangi.

Beginilah rute panjang untuk mencapai Danau Hijau: Bandar Lampung – Pringsewu – Talang Padang – Danau Hijau.

 

Keindahan dan Kesitimewaan Danau Hijau Ulubelu


Setelah melewati perjalanan panjang yang menawan dengan hamparan kebun kopi dan perbukitan, anda akan disambut dengan danau berrwarna hijau di sisi kiri jalan.

Danau yang memiliki pulau kecil di tengahnya itu adalah Danau Hijau. Danau ini mulai terkenal pada tahun 2015, ketika itu ada salah salah satu perusahaan yang beroperasi disekitarnya.

Kemudian akses jalan terbuka sehingga danau ini nampak dan diketahui banyak orang. Dari sinilah orang mulai berdatangan dan danau ini terkenal di seantero Lampung.

Danau berair panas ini juga kerap disebut masyarakat dengan nama Danau Anugerah. Keindahan danau yang berada di perbukitan ini dinaggap seperti anugerah.

Keunikan warna danau ini menciptakan gambar yang menakjubkan. Hal ini yang diburu para traveler untuk berfoto dan menikmati pemandangan danau.

Pengunjung memang tidak bisa mandi di danau ini karena airnya panas. Namun menikmati pemandangan dan berfoto di danau ini akan menciptakan suasana yang tidak bisa diperolaeh di lokasi lain.

Fasilitas yang ada di danau ini yakni beberapa pondokan yang dibuat warga serta rumah makan sederhana yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan danau sambil mencicipi berbagai makanan dan minuman yang dijajakan.

Danau indah ini dikelilingi kebun kopi milik masyarakat, udara sejuk pegunungan dan perkebunan terasa saat anda berkunjung ke lokasi ini.

Keistimewaan danau bisa menjadi alasan mengapa anda harus berkunjung ke lokasi yang fotogenik ini.

Demikianlah informasi terkait Danau Hijau Ulubelu Tanggamus Lampung ini. Semoga bisa menjadi referensi liburan anda.